Globalisasi Pendidikan

pendidikan ialah seluruh tahapan pengembangan kemampuan-kemampuan dan perilaku-perilaku manusia dan juga proses penggunaan hampir seluruh pengalaman kehidupan. Selanjutnya pendidikan juga dapat diartikan sebagai tahapan kegiatan yang bersifat kelembagaan (seperti sekolah dan madrasah) yang dipergunakan untuk menyempurnakan perkembangan individu dalam menguasai pengetahuan, kebiasaan, sikap, dan sebagainya. Pendidikan dapat berlangsung secara informal, nonformal di samping secara formal seperti hukum dan nilai-nilai kepada orang lain dengan cara tertentu baik terstruktur formal, informal atau non formal. Dalam konteks ini, pentransferan tersebut dapat terjadi di lingkungan keluarga, masyarakat atau sekolah sebagai satuan pendidikan, namun ketiga satuan pendidikan tersebut bukanlah berdiri sendiri-sendiri tetapi merupakan komponen yang saling melengkapi (complementer). Pendidikan pada dasarnya merupakan public good yang mengacu pada asas pemerataan (equality) dan keadilan (equity). 
Pendidikan dapat diartikan sebagai sebuah proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan,pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan. Pengertian yang lebih luas dan representatif, pendidikan ialahseluruh tahapan pengembangan kemampuan-kemampuan dan perilaku-perilaku manusia dan juga proses penggunaan hampir seluruhpengalaman kehidupan. Selanjutnya pendidikan juga dapat diartikan sebagai tahapan kegiatan yang bersifat kelembagaan (sepertisekolah dan madrasah) yang dipergunakan untuk menyempurnakan perkembangan individu dalam menguasai pengetahuan,kebiasaan, sikap, dan sebagainya. Pendidikan dapat berlangsung secara informal, nonformal di samping secara formal seperti disekolah, madrasah, dan institusi-institusi lainnya. Selain itu pendidikan juga dapat berlangsung dengan cara mengajar diri sendiri(self-instruction). (Muhibbin Syah, 2008: 10). Berdasarkan pendapat di atas dapat ditafsirkan bahwa pendidikan merupakan suatuusaha mentranformasikan ilmu, pengetahuan, ide, gagasan, norma, hukum dan nilai-nilai kepada orang lain dengan cara tertentubaik terstruktur formal, informal atau non formal. Dalam konteks ini, pentransferan tersebut dapat terjadi di lingkungan keluarga,masyarakat atau sekolah sebagai satuan pendidikan, namun ketiga satuan pendidikan tersebut bukanlah berdiri sendiri-sendiri tetapimerupakan komponen yang saling melengkapi (complementer). Pendidikan pada dasarnya merupakan public good yang mengacupada asas pemerataan (equality) dan keadilan (equity).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s